Jumat, 20 Juni 2014

Air Putih Layak Minum, Pure It Solusinya





Air merupakan unsur vital dalam kehidupan. Makhluk hidup tidak bisa jauh dari air; manusia membutuhkan air untuk minum, mandi, memasak, dan mengatasi tubuh dari dehidrasi. Banyak orang yang mengabaikan fakta bahwa minum air putih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan saya kerap menemukan orang yang cenderung malas minum air putih ditengah aktivitas yang padat.

Dilansir dari kompas.com, banyak sekali manfaat dari minum air putih yang tidak bisa kita remehkan. Air putih berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh dan mengatasi kekurangan cairan yang dapat mengakibatkan dehidrasi. Berikut manfaat dari banyak minum air putih dalam kehidupan sehari-hari:

Menjaga jantung. Manusia membutuhkan delapan gelas air putih per hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Banyak minum air putih dapat meminimalisir serangan jantung pada seseorang dibandingkan orang yang jarang minum air putih. Bahkan minum air putih minimal lima gelas sehari dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Mencegah penyakit sakit kepala (pusing). Jika kelelahan karena banyaknya kegiatan kita kerap dilanda sakit kepala yang tentunya menimbulkan rasa tak nyaman. Hal ini sebenarnya dapat diatasi dengan minum air putih. Menurut para ilmuwan dari Belanda, minum air putih dapat mengurangi frekuensi orang dari menderita sakit kepala.

Meningkatkan konsentrasi. Kurang minum air putih dapat menyebabkan lemas dan berlanjut menjadi dehidrasi yang dampaknya berbeda pula pada setiap orang. Dehidrasi dapat menyebabkan konsentrasi berkurang karena kebutuhan otak tidak terpenuhi secara maksimal.

Melihat uraian diatas harus disadari betapa pentingnya kita mengonsumsi air putih agar dapat prima dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Namun patut diingat tidak semua air layak untuk diminum karena dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Air layak dan aman untuk diminum jika memenuhi persyaratan fisika, mikrobiologis, kimiawi dan radioaktif yang mencakup parameter tertentu.[1]

Indikator lain, air yang sehat harus jernih; tidak berwarna dan tidak berbau; tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh serta tidak mengandung bakteri seperti Escheria coli yang dapat menyebabkan penyakit pada usus. Penting untuk mengetahui dengan cermat bagaimana air yang sehat untuk diminum karena terkadang setelah air direbus mendidih untuk mematikan kuman dan bakteri, air tersebut belum memenuhi standar kelayakan air yang aman untuk dikonsumsi.

Mengingat air merupakan kebutuhan yang amat esensial bagi kelangsungan hidup manusia, telah hadir Water Purifier; produk pemurni air dengan teknologi canggih yang merupakan terobosan Perusahaan Unilever pada 2010 lalu yang dikenal dengan nama Pure It. Teknologi ini sesuai dengan misi Unilever agar seluruh keluarga di Indonesia mudah mendapatkan akses air bersih.




Dengan teknologi uniknya, Pure It adalah solusi yang tepat untuk melindungi air minum keluarga dari kuman secara menyeluruh. Selain higienis, Pure It juga efisien karena tidak membutuhkan banyak ruang; cukup diletakkan diatas meja.


Keunggulan Pure It, melindungi dari kuman (dokumen pribadi)


Pure It memiliki keunggulan antara lain:
  1.    Praktis dan efisien. Tinggal tuangkan air mentah dari bagian atas kemudian akan langsung bekerja untuk menjernihkan air yang siap dan aman untuk diminum;
  2.    Hemat, karena tidak memakai listrik, gas, serta tidak perlu memasak air karena mempunyai tahap pemurnian air untuk membunuh kuman;
  3.    Telah memiliki sertifikasi yang menjamin air terlindung secara menyeluruh dari bakteri, virus sehingga aman bagi keluarga;
  4.    Memiliki teknologi Germkill Kit, yaitu mekanisme penghentian otomatis yang akan menghentikan aliran air dalam alat jika kita belum mengganti perangkat pembunuh kuman. Perangkat pembunuh kuman harus diganti jika indikator telah berubah warna menjadi merah. Teknologi yang tahan lama dan menjamin bahwa air aman untuk diminum; dan
  5.     Memiliki garansi selama satu tahun, serta harga yang ekonomis di pasaran.


Teknologi Germkill Kit yang tahan lama (dokumen pribadi)


Sudah menjelang dua tahun saya dan keluarga di rumah menggunakan teknologi pemurni air Unilever ini. Awalnya saya menggunakan dispenser dengan air isi ulang namun sering cemas kalau mau minum karena kerap timbul serpihan kotoran, mungkin berasal dari dalam galon yang kurang bersih atau dispenser yang sudah waktunya untuk diganti. Sehingga tak lama kemudian supaya lebih sehat dan terhindar dari sakit perut atau diare orangtua memutuskan untuk membeli produk Pure It yang saat itu masih dalam periode promo. Ini merupakan kelebihan lain; harga sangat terjangkau dan mudah didapat di pasaran.


Praktis dibandingkan aqua galon. I love Pure It! :) (dokumen pribadi)

Masih pikir ulang pakai Pure It?


Sistem Pure It ini juga manual. Sedikit merepotkan mungkin karena kita harus menuangkan air sedikit demi sedikit pada saringan dan menunggu hingga air sepenuhnya tersaring dan masuk dalam tangki dalam keadaan jernih. Tidak bisa menuang air sekaligus karena air akan luber; ditambah harus dipastikan air dalam tangki telah penuh sesuai dengan kapasitas penampung yaitu 9 liter. Jangan lupa mencuci saringan air jika dirasa tampak keruh atau terdapat kotoran yang tersangkut.




Awalnya saya tidak sabar karena harus menunggu amat perlahan hingga wadah filter air telah sepenuhnya menyaring air hingga tertampung dalam tangki. Namun saya telah membuktikan sendiri bahwa air yang saya minum benar-benar jernih dan tidak ada rasa dan bau yang aneh.

Saya semakin yakin Pure It adalah teknologi yang manjur untuk menjaga kualitas air tetap aman. Pure It juga begitu menghemat pengeluaran rumah tangga orangtua saya karena tidak lagi terlalu bergantung pada aqua galon. Saya menuliskan pengalaman dalam blog ini untuk berbagi bahwa Pure It ialah contoh konkrit, alternatif yang tepat untuk mengonsumsi air putih tanpa takut air yang diminum terkontaminasi bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Semoga tulisan ini dapat menjadi perhatian banyak orang bahwa minum banyak air putih itu penting untuk kesehatan. Jangan menunggu haus baru minum banyak air putih.

Dengan demikian tidak perlu ragu untuk beralih pada teknologi Pure It karena mekanisme kerja Pure It telah memenuhi kategori pembunuh kuman yang ketat dari Environmental Protection Agency, Amerika Serikat. Pure It juga telah diuji selektif oleh lembaga ilmu pengetahuan dan kesehatan di Asia dan Eropa. Di Indonesia sendiri telah mendapat sertifikasi resmi dari UGM dan IPB.

Jadi tidak usah menunggu lagi untuk beralih menggunakan teknologi Pure It karena kesehatan sangat penting khususnya bagi anggota keluarga. Lepaskan dahagamu dengan Pure It!





PS: artikel ini ditulis dalam rangka mengikuti Kontes Blog Detik Pure It "Syarat Air Minum yang Layak Dikonsumsi". Foto yang tertera diatas diambil dari google serta dokumen pribadi.





[1] Merupakan pasal 3 butir 1 Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 mengenai Persyaratan Kualitas Air Minum. Selengkapnya tercantum dalam http://pppl.depkes.go.id/_asset/_regulasi/53_Permenkes%20492.pdf

2 komentar:

  1. dengan memperhatikan kualitas air yang kita minum berarti kita menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit salah satunya diare...

    BalasHapus
  2. Bener bgt. Gk enak bgt klo sakit perut krn slh minum air kan.
    Makasih komennya :)

    BalasHapus